Survey Homestay di Bromo dan Candirejo

Posted on

Planettera adalah NGO asal Kanada yang merupakan anak perusahaan G-adventure. Setiap tahunnya G-adventure membawa turis asing sebanyak 1.500 ke Pulau Jawa. Beberapa rute perjalanannya antara lain Borobudur dan Bromo.  Menyadari bahwa G-adventure telah membawa banyak wisatwan ke Indonesia, G-Adventure memiliki kontribusi tersendiri untuk masyarakat dan destinasi wisata yang disinggahinya yaitu dengan membantu perbaikan fasilitas dan kapasitas untuk kenyamanan wisatawan.

Pada kunjungannya di Bromo bersama Indecon, Planettera yang diwakili oleh Lee Adrienne Kristin dan Pakongsup Panot mensurvei homestay di Desa Ngadas, Bromo yang didampingi oleh Bapak Kartono selaku perintis homestay di desa tersebut. Dalam kesempatan ini, Planettera dan Indecon menjelajahi keunikan dibalik homestay yang ada di Desa Ngadas, salah satunya Homestay Mawar I milik Pak Yadi. Di homestay tersebut terdapat tungku api yang terbuat dari pasangan bata finishing keramik yang biasa digunakan oleh masyarakat suku Tengger untuk memasak. Selain untuk memasak, dapur ternyata memiliki fungsi lain bagi pemilik rumah yaitu sebagai tempat berkumpul anggota keluarga untuk menghangatkan badan, mengingat suhu udara di Bromo yang sangat dingin.

Selain berkunjung di Bromo, Planettera dan Indecon juga berkesempatan mengunjungi Desa Candirejo yang berada di kawasan Borobudur, Magelang. Indecon dan Planettera mengunjungi salah satu rumah limasan di Candirejo yang difungsikan sebagai sarana akomodasi bagi wisatawan kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama tokoh masyarakat dan pemilik homestay mengenai pengembangan homestay. Masyarakat sangat antusias mengikuti diskusi ini.