Studi Banding ke DI Yogyakarta

Posted on

Pada 29-31 Agustus 2016 lalu, Indecon bersama Bank Indonesia dan pihak pengelola Desa Wisata Sawarna melakukan studi banding ke beberapa destinasi wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Studi banding dilakukan dengan mengunjungi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Kawasan Konservasi Mangrove di  Dusun Baros Kab. Bantul, serta Desa Candirejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Saat ini, Desa Wisata Sawarna baru dikelola oleh pemerintah desa dan belum memiliki lembaga yang khusus mengelola wisata secara profesional. Oleh karena itu, pihak Bank Indonesia dan Indecon mengharapkan adanya peningkatan kapasitas pengelola kelembagaan pariwisata di Desa Sawarna, terlebih setelah adanya kegiatan studi banding ini.

Peserta kegiatan studi banding ini ialah anggota pengelola Desa Wisata Sawarna, yang terdiri dari perangkat Desa Sawarna, Ketua Karang Taruna, anggota Badan Perwakilan Desa Sawarna, ketua pokdarwis dan anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Sawarna. Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Mereka pun mendapatkan pengetahuan baru tentang cara mengatur dan mengelola kegiatan pariwisata untuk menjamin pelayanan dan ketertiban di desa wisata yang diharapkan dapat diterapkan di Desa Wisata Sawarna.

“Dengan adanya pelatihan kelembagaan ini, kami yang mewakili semua unsur desa mendapat banyak wawasan terutama tentang bagaimana cara mengelola wisata yang baik, yakni bekerjasama dengan semua pengurus kelembagaan di Desa Wisata Sawarna dan dengan menerapkan pola manajemen pengelolaan yang baik”, kata Lili Suheli.