Serah Terima Perlengkapan Rumah Inap di Kampung Tololela, Jerebu’u

Posted on

IMG_20161203_111448

Kawasan Jerebu’u merupakan salah satu Kawasan Startegis Pariwisata Kabupaten (KSPK) Ngada. Terdapat beberapa kampung adat yang telah ramai dikunjungi wisatawan di Jerebu’u antaranya adalah kampung adat Tololela dan Gurusina. Kampung adat ini telah menjadi kampung dampingan Indecon sejak tahun 2013 mulai dari program INFEST hingga program lanjutannya saat ini yaitu CREATED. Seiring meningkatnya usaha promosi destinasi Flores, kunjungan wisatawan di kampung adat semakin meningkat. hal ini menyebkan semakin meningkatnya keinginan dan permintaan wisatawan untuk tinggal lebih lama bersama masyarakat di rumah adat (Sa’o). Rumah adat ini juga difungsikan sebagai rumah inap bagi wisatawan.

Wisatawan dapat merasakan tinggal di rumah adat (Sa’o) dan melihat rutinitas keseharian masyarakat lokal.  Pada tanggal 3 Desember 2016 ini Indecon melakukan serah terima perlengkapan rumah inap untuk kampung adat Tololela dan kampung adat Gurusina.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas fasilitas rumah inap yang diberikan masyarakat kepada wisatawan. Serah terima dilaksanakan di kampung adat Tololela. Beberapa barang yang diserahkan antara lain: kasur ukuran 90cm x 200cm (2buah untuk 1 rumah), bantal, selimut, sprei, dan kelambu. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan lembaga di dua (2) kampung adat tersebut dan fasilitator lokal Indecon di Bajawa. Walaupun tidak dapat hadir dalam acara tersebut, pemerintah desa Manubhara dan Wtumanu serta Dinas P2KI Kabupaten Ngada menyambut baik kegiatan ini demi pengembangan fasilitas rumah inap.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan diskusi singkat untuk membahas kesepakatan antara pihak penerima barang (LPPT dan LPPG) dan Indecon sebagai pemberi perlengkapan. Simulasi penataan kamar tidur rumah inap juga dilakukan agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan ke tamu sesuai dengan standar operasional rumah inap Tololela dan Gurusina. Setiap anggota lembaga dan pemilik rumah inap harus bekerjasama dalam rangka meningkatkan pelayanan dan fasilitas rumah inap. Penyambutan tamu selama di rumah inap juga dikerjakan bersama-sama dengan pembagian tugas yang telah disepakati antara lembaga dan pemilik rumah inap.