Buku: Waerebo

Waerebo merupakan sebuah desa di pedalaman Manggarai sebagai warisan budaya Flores. Untuk dapat sampai ke Waerebo, anda harus melewati jalur utama Flores, sekitar 8 jam perjalanan darat dari Labuan Bajo dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 3-4 jam. Masyarakat Waerebo tinggal di rumah berbentuk kerucut ikonik. Rumah-rumah ini merupakan warisan budaya, meskipun beberapa masyarakat juga tinggal di luar kompleks niang. Waerebo adalah salah satu desa produsen kopi di Flores. Aroma harum dari kopi Waerebo akan menyambut anda di setiap rumah. Bertani kopi merupakan mata pencaharian utama di desa Waerebo, yang terletak di 1.100 meter di atas permukaan laut. Jenis kopinya antara lain, arabika, robusta, Kolombia, dan kopi luwak alami.

Tradisi unik dan asli dari masyarakat Waerebo terbukti menjadi potensi utama dalam pengembangan pariwisata di daerah tersebut. Wisatawan masa kini memiliki perspektif yang berbeda tentang berwisata dibandingkan dengan wisatawan dahulu. Dewasa ini, wisatawan ingin memiliki pengalaman asli dan interaksi langsung dengan penduduk setempat disetiap kunjungan wisatanya. Mereka juga lebih menghargai upaya penduduk setempat untuk melestarikan budaya dan alam mereka.

Penerbitan buku yang digagas oleh Indecon melalui program INFEST ini, terinspirasi oleh semangat masyarakat Waerebo untuk melestarikan budaya dan tradisi mereka. Buku ini juga dapat berfungsi sebagai bahan edukasi bagi wisatawan yang datang ke desa.

Untuk informasi lebih lanjut tentang buku Waerebo silakan hubungi kami
Yayasan Ekowisata Indonesia (Indecon)
Jl. Tebet Timur Raya 22D
Jakarta 12820-INDONESIA
Telp. +62 21 83786736 Fax. +62 21 8370 5704
email: info@indecon.or.id www.indecon.or.id