Penguatan Masyarakat Lokal dalam Jasa Pariwisata di Sawarna, Lebak, Banten

Since 07:11 AM

Cover Depan Sawarna(1)

Sawarna dikenal sebagai salah satu destinasi surfing baru yang terbaik di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Popularitasnya telah membawa wisatawan baik domestik maupun internasional. Meskipun atraksi potensi dan permintaan yang tersedia, kualitas layanan pariwisatanya masih sangat dasar. Tujuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia di destinasi wisata Sawarna adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal dalam jasa pariwisata dan pembuatan kerajinan; serta untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas pariwisata.

Kegiatan utama dari tindakan mencakup (i) Pelatihan lebih dari 80 anggota pemilik homestay, 40 pemandu lokal dan 20 perajin (ii) membentuk kelompok wanita Sawarna Village yang saat ini memproduksi kerajinan daur ulang dan souvenir; (iii) mendukung kelompok masyarakat dengan mesin dan alat untuk produksi kerajinan; (iv) membangun zona pejalan kaki baru yang menghubungkan pintu masuk ke pantai; (v) menyediakan papan informasi dan brosur; (vi) membuat logo pariwisata Sawarna yang disetujui oleh pemangku kepentingan.

Peningkatan informasi dan infrastruktur yang disediakan oleh proyek telah sangat bermanfaat baik bagi masyarakat lokal dan wisatawan, khususnya selama kondisi ramai. Program pelatihan menginspirasi kelompok perempuan lokal untuk mengembangkan kerajinan dari bahan daur ulang, serta kelompok masyarakat lainnya untuk membuat ukiran kayu sebagai oleh-oleh lokal baru.