Pengembangan Produk Ekowisata sebaga Cara untuk Menggantikan Pembalakan Liar di Daerah Taman Nasional Leuser-Sumatera Utara, didukung oleh CEPF

Since 10:32 AM

Tujuan projek ini adalah membangun kapasitas kelompok lokal di Tangkahan, sebuah desa di zona penyanga Taman Nasional Leuser, dan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk ekowisata. Diharapkan dari keberhasilan ekowisata di Tangkahan akan memperlambat pembalakan liar pada daerah ini di taman nasional. Dengan menggunakan pendekatan partisipasi, Indecon membantu masyarakat menciptakan kegiatan wisata melalui peningkatan kapasitas interpreter dan pengembangan jalur interpretasi termasuk papan penunjuk arah dan informasi.

Salah satu hasil nyata dari proyek ini adalah penetapan peraturan desa dalam pengelolaan pariwisata dengan menitik beratkan pada upaya pelestarian alam. Peraturan desa ini adalah perangkat hukum bagi  LPT (Lembaga Pariwisata Tangkahan) dan desa untuk menegakan aturan pada tingkat lokal. Kesuksesan lain adalah penandatangan perjanjian antara pengelola taman nasional dan LPT tentang kewenangan LPT dalam mengelola ekowisata di Tangkahan, serta kebijakan baru terhadap nilai tiket masuk dan distribusi keuntungan. Inovasi-inovasi ini adalah keberhasilan utama dalam sistem pengelolaan taman nasional di Indonesia, karena masyarakat menjadi memiliki akses dan diperkuat secara legal untuk berpartisipasi dalam pelestarian dan pemanfaatan alam. Melalui perjanjian Memorandum of Understanding (MOU) antara pengelola taman nasional dan masyarakat yang difasilitasi dalam proyek ini, pembalakan liar dapat dihentikan. Area yang dilindungi oleh masyarakat mencapai lebih dari 10.000 hektar.