Pengembangan Ekowisata di Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, bekerja sama dengan Tourism Resource Consultant (TRC) dan didukung oleh NZAID.

Since 10:30 AM

Tujuan proyek ini adalah meningkatkan pengelolaan taman nasional; untuk mendorong pengembangan masyarakat di batas-batas taman nasional yang akan memberikan keuntungan bagi wanita dan pria pedesaan, dengan menghormati kaitan antara sasaran nasional dalam pelestarian alam dengan sasaran pembangunan lokal; untuk mengembangkan pariwisata bertanggung jawab dengan mendorong ekowisata dalam kegiatan trekking dan penjelajahan Budaya Sasak. Tourism Resource Consultant (TRC) bertindak sebagai organisasi utama bekerja sama dengan Indecon untk meyelesaikan proyek dengan dukungan dari New Zealand Aid Programme (NZAID).

Kegiatan inti proyek digambarkan sebagai pengembangan dalam tiga arah kemitraan untuk mengelola berbasis masyarakat, secara komersial dan ramah lingkungan, pada operasional  pariwisata berkelanjutan  dengan dipusatkan di Senaru dan Sembalun. Pendekatan umum ini dilakukan melalui perencanaan partisipatif dengan para pemangku kepentingan kunci. Rinjani Trek Center (RTC) dibentuk di Senaru dan  Rinjani Information Centre (RIC) di Sembalun menjadi titik fokal bagi tujuan proyek. Pembentukan  Rinjani Trek Management Board (RTMB) ditujukan sebagai badan pengelola yang bertanggung jawab pada Rinjani Trek. Badan ini juga bertindak sebagai forum koordinasi dan konsultasi kebijakan dari pemerintah, masyarakat dan pelaku wisata.