Pengembangan Destination Management Organization di Danau Toba bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Since 10:49 AM

Danau Toba adalah salah satu daerah tujuan wisata terkenal di Sumatera. Namun, setelah mencapai puncaknya pada tahun 1990-an, tingkat kunjungan wisatawan ke lokasi ini menurun terus. Penyebab hal ini diperkirakan adalah kurangnya sumber daya manusia yang tepat, pelayanan pariwisata yang buruk,  degradasi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati yang berlanjut terus, serta diversifikasi produk dan fasilitas wisata yang terbatas. Saat ini, para pemangku kepentingan dan pemerintah daerah – melingkupi 7 kabupaten- sangat antusias untuk merevitalisasi situasi tersebut. Dalam hal ini Indecon bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi pembentukan Destination Management Organization (DMO) Danau Toba dalam kurun waktu tahun 2010-2014.

Pada tahun pertama, pihak kementerian akan memusatkan kegiatan pada dua kabupaten, yaitu Samosir dan Simalungun (termasuk daerah Prapat). Pada saat ini, Forum Pengembangan Pariwisata telah terbentuk di Samosir dan Simalungun sebagai wadah bagi berbagai anggota masyarakat dan para pemangku kepentingan pariwisata. Forum ini diharapkan aktif berpartisipasi pada seluruh proses pembentukan DMO Danau Toba. Lebih dari itu, pemerintah daerah kedua kabupaten juga telah kelompok kerja lintas sektor terdiri dari dinas dan instansi terkait pariwisata.

download PDF DMO Danau Toba Newsletter 1
download PDF DMO Danau Toba Newsletter 2

Link terkait:
http://www.dmoindonesia.com/