Meningkatkan Integritas Hutan Hujan Tropis Sumatera melalui Pengembangan Ekowisata

Since 06:52 AM

Backdrop

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif UNESCO untuk memperkuat komitmen Pemerintah Indonesia dalam mengelola Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera (TRHS). Tujuan umumnya adalah untuk meningkatkan integritas tiga taman nasional di kawasan TRHS, antara lain Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, melalui pengembangan ekowisata.

Hasil utama dari kegiatan meliputi:
• rencana induk ekowisata THRS
• Rencana Tapak pariwisata Gunung Tujuh, daya tarik di Taman Nasional Kerinci
• Penyebaran rencana induk ekowisata THRS di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan Taman Nasional Kerinci Seblat, serta tingkat nasional;
• promosi Material seperti poster, brosur ekowisata THRS, yang didistribusikan ditiga (3) taman nasional dan beberapa desa di sekitarnya.
• Pengetahuan pemangku kepentingan pariwisata di tiga (3) taman nasional pada peningkatan pariwisata berkelanjutan’

Beberapa rekomendasi dari penelitian telah dilaksanakan oleh manajemen Taman Nasional Kerinci Seblat termasuk pengembangan signage di Gunung Tujuh dan Sungai Penuh. Papan informasi tentang kode etik sebelum memasuki taman juga membantu wisatawan untuk memahami “Do’s” dan “Don’t’s” dari kunjungan mereka di taman. Rekomendasi dalam program pengembangan kapasitas dari penelitian ini telah dilaksanakan oleh UNESCO di Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.