INFEST: Inovasi Pengembangan Ekowisata Flores untuk Perdagangan Berkelanjutan

Since 11:07

Pengembangan pariwisata di Flores akan ditingkatkan dengan memperkuat kapasitas kelembagaan pariwisata masyarakat di desa; sehingga dapat memberikan jasa dan produk ekowisata yang berkualitas,  sekaligus menjamin keberlanjutan pusaka daerah. Inovasi Pengembangan Ekowisata Flores untuk Perdagangan Berkelanjutan (INFEST) adalah program 3 tahun yang dikelola oleh Yayasan Indecon bekerjasa sama dengan masyarakat beberapa desa di Nusa Tenggara Timur. Program ini dibiayai sebagian melalui program Non-State Actors and Local Authorities in Development (NSA-LA) dari Uni Eropa.

INFEST adalah kolaborasi antara Yayasan Indecon dan para mitranya – Yayasan Benih Matahari dan Asosiasi Pekerja Pariwisata Indonesia (ASPPI). Proyek ini akan diimplementasikan di 5 kawasan desa (Wae Sano, Liang Ndara, Tado, Wae Rebo, Bena) dan kota di Flores (Labuan Bajo dan Bajawa).Kegiatan proyek selama 2013-2015 meliputi:

i.       Peningkatan kapasitas jasa pemanduan ekowisata;

ii.       Pengembangan produk ekowisata berkualitas di desa terpilih;

iii.       Pengembangan strategi harga dan pemasaran bersama;

iv.       Pengembangan lembaga pariwisata lokal dan sistem administrasi pendukungnya di desa terpilih;

v.       Pengembangan rencana wisata desa yang bertujuan untuk mendukung implementasi berbagai program CSR dan program nasional pengembangan ekonomi pengentasan kemiskinan.

Masyarakat lokal menyadari pentingnya kerjasama semua pihak untuk menjaga kelestarian pusaka. Bapak Mus, seorang petani kopi di Manggarai berkata (February 2013), “Dahulu, kami tidak pernah menyangka bahwa begitu banyak orang yang mencintai (rumah dan tanah kami). Akan tetapi kami menyadari bahwa di dalam diri kami masih ada kekurangan. Kami berharap kami bisa dibekali untuk bisa menjaga, melestarikan, dan mendukung agar budaya, rumah, dan lain-lain yang menjadi kecintaan orang di luar kami akan tetap bertahan hingga selama-lamanya…”

INFEST menggarisbawahi pentingnya keterlibatan masyarakat. Kegiatan INFEST akan dilakukan bersama-sama dengan masyarakat desa, pelaku pariwisata, dan pemerintah daerah; karena kegiatan ini ditujukan untuk mendukung kegiatan pembangunan oleh Non-state actors (NSA) termasuk masyarakat, bisnis, dan pemerintah daerah untuk membangun pariwisata berkelanjutan sebagai salah satu sektor pembangunan ekonomi lokal. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan peri kehidupan dan berkontribusi pada upaya pengentasan kemiskinan di kawasan tersebut; serta meningkatkan kapasitas para pihak untuk mendukung pemerintah dalam proses dialog, pengambilan keputusan, dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembangunan; baik di tingkat desa maupun kabupaten.