CREATED: Percepatan Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Lokal Melalui Kewirausahaan Kreatif

Since 10:44 AM

Flores adalah tanah keberuntungan. Tanah ini dikaruniai keindahan yang menakjubkan, keajaiban keanekaragaman hayati, dan landmark geologi. Terletak di garis Wallacea, perairan Flores di bagian barat merupakan rumah bagi salah satu habitat laut terkaya di dunia; sedangkan daratan Flores merupakan rumah bagi komodo dan burung endemik. Bentang alam Flores selalu menjadi sintesis bagi keyakinan masyarakat, kehidupan sehari-hari, dan pengaturan alam; membuatnya begitu kaya untuk dijelajahi. Flores adalah tanah seribu senyum; tidak pernah di daerah ini Anda tidak disambut oleh salam hangat dan secangkir kopi. Flores juga merupakan tanah campuran dimana masyarakat multi-budaya, kehidupan modern dan tradisional hidup berdampingan. Berkat hal ini,  bidang pariwisata memiliki hampir segala yang dibutuhkan untuk berkembang di Flores.

Kunjungan wisatawan di Flores mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam tiga (3) tahun terakhir. Mengacu pada kedatangan turis di Taman Nasional Komodo, kedatangan turis di Flores Barat meningkat sekitar 10-11% per tahun. Hal ini diikuti dengan peningkatan sejumlah tempat dan bisnis pariwisata,  termasuk hotel (dari 49 hotel pada 2011 menjadi 60 hotel pada tahun 2014), restoran, dan kapal pesiar. Di sisi lain, desa-desa di sekitar kota besar merupakan produsen ratusan produk, mulai dari produk pertanian, kayu, bambu, dan produk kerajinan.

Diyakini bahwa pariwisata, sebagai salah satu industri yang berkembang di Flores, seharusnya memberi lebih banyak kesempatan untuk desa-desa sekitarnya dalam hal penyediaan barang dan jasa. Permintaan dari sektor pariwisata, yang telah meningkat baik dari konsumen (wisatawan) dan bisnis harus dicocokkan secara tepat dengan apa yang daerah setempat dapat berikan. Akibatnya,  kapasitas masyarakat atau perusahaan lokal di Flores untuk memasok atau memenuhi permintaan ini harus dikembangkan untuk mempercepat hubungan antara pariwisata dan pembangunan ekonomi lokal; serta antara kota dan desa-desa sekitarnya.

Proyek CREATED didasarkan pada proyek inisiatif sebelumnya yang didanai Uni Eropa, INFEST (Innovative Indigenous Flores Ecotourism for Sustainable Trade). Proyek ini akan dilaksanakan pada tahun 2016-2019 untuk memperkuat prestasi utama INFEST dalam meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan pariwisata lokal dan mengembangkan desa wisata di Flores.

TUJUAN & KOMPONEN PROYEK

Proyek CREATED memiliki dua tujuan utama, yaitu (i) mempromosikan partisipasi yang konstruktif dan efektif masyarakat sipil dalam mengembangkan kebijakan ekonomi lokal di Flores; dan (ii) meningkatkan keterkaitan kegiatan ekonomi berbasis masyarakat untuk pariwisata dalam rangka meningkatkan kontribusi pariwisata terhadap pengurangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi yang adil. Tujuan-tujuan ini akan dijabarkan kedalam empat komponen proyek di bawah ini:

  • Menciptakan nilai tambah bagi produk-produk masyarakat desa dengan meningkatkan kualitas dan jenis mereka untuk industri  pariwisata.
  • Meningkatkan kewirausahaan organisasi pariwisata lokal dan masyarakat setempat.
  • Mengembangkan jaringan bisnis dan pemasaran produk masyarakat untuk industri pariwisata.
  • Meningkatkan kapasitas dan mempromosikan dialog dalam pengembangan ekonomi lokal untuk mengintegrasikan pengembangan pariwisata antar daerah.

LOKASI PROYEK

Program ini akan dilaksanakan di 3 (tiga) kawasan; Kawasan Mbeliling di Kabupaten Manggarai Barat, Kawasan Ruteng di Kabupaten Manggarai, dan Kawasan Jerebu’u di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur