Community in International Business; didukung oleh ECEAT.

Since 10:44 AM

ECEAT – European Centre for Ecological and Agricultural Tourism  adalah organisasi terkemuka di Eropa dalam bidang pariwisata berkelanjutan skala kecil dengan perhatian khusus ke daerah pedesaan dan pertanian organik. ECEAT juga suatu jejaring dengan lebih dari 1.300 penyedia jasa wisata dan akomodasi skala kecil di seluruh Eropa. Lembaga ini menawarkan kualitas layanan wisata dan membuktikan kontribusi mereka kepada masyarakat lokal dan perlindungan lingkungan hidup dengan mempromosikan perjalanan  bertanggung jawab yang menghasilkan hampir 500.000 malam orang menginap setiap tahun  di daerah pedesaan guna membawa keuntungan ekonomi di 20 negara Eropa dan memuaskan para pengunjung. ECEAT juga menyediakan jasa tenaga ahli profesional dalam pariwisata berkelanjutan termasuk di Indonesia.

Pada Februari 2008, Indecon bekerja sama dengan ECEAT untuk mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal pada beberapa lokasi terpilih pariwisata berbasis masyarakat di Indonesia dengan membawa tempat ini ke pasar Eropa. Proyek bertujuan untuk meraih pasar Eropa dan mengimplementasikan strategi pemasaran. Peningkatan jumlah kunjungan nantinya akan diikuti oleh pertumbuhan ekonomi pada tingkat lokal dan mencegah degradasi smber daya alam.

Kelompok target adalah para pemangku kepentingan seperti masyarakat, pemerintah daerah dan pusat, kelompok madani, UKM dan UKMM, dan tur operator lokal di empat lokasi pariwisata berbasis masyarakat (NTB, NTT, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat).