Apa Itu Geopark?

Posted on

keren-geopark-ciletuh-dapat-predikat-ugg-dari-unesco-EyKyXy63lo

Hai, sobat ekowisata Indonesia! pada 12 April 2018 lalu, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark lewat sidang badan eksekutif UNESCO ke-204. sejak awal Agustus 2017, UNESCO telah melakukan penilaian di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Pengukuhan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UNESCO Global Geopark bukan soal branding saja. tapi pengukuhan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya apa itu Geopark?

Geopark, atau terjemahannya yaitu Taman Bumi. adalah area terpadu yang memiliki fitur geologi yang signifikan yang dikelola menggunakan konsep konservasi, pendidikan, dan pengembangan keberlanjutan, keberadaan Geopark sendiri bukan hanya sebagai tempat wisata yang tidak memberikan nilai positif, keberadaan Geopark sendiri diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan memberikan pelajaran kepada masyarakat terhadap isu-isu lingkungan yang kita hadapi saat ini seperti penggunaan sumber daya alam, pemanasan global, dan mitigasi bencana alam.

UNESCO sebagai lembaga yang meluncurkan program Global Geopark memiliki tujuan untuk menjalin kerjasama dan memberdayakan komunitas lokal untuk mencapai satu tujuan utama yaitu mempromosikan fitur geologi yang ada di lingkungan mereka melalui kegiatan pariwisata yang berkelanjutan, menjaga kelestarian dan keindahan fitur geologi di lingkungan mereka, meningkatkan kreativitas komunitas lokal dalam membangun usaha. Keberadaan Geopark membuka pintu kesempatan baru bagi masyarakat lokal untuk terjun ke dunia pariwisata.

selain Ciletuh-Palabuhanratu, di Indonesia terdapat Geopark Gunung Batur, Geopark Gunung Sewu, Geopark Rinjani-Lombok, Geopark Toba, dan Geopark Merangin