EXPEDICIONES SIERRA NORTE-Pueblos Mancomunados, Mexico

- Posted by

sierra norte

Selamat Datang di Expediciones Sierra Norte, rute tanpa batas!

Hutan berselimut awan dari Sierra Norte, di negara bagian Oaxaca, Meksiko adalah salah satu ekosistem yang paling beragam di dunia. Empat ratus (400) spesies burung dan 350 spesies kupu-kupu dapat ditemukan di sini, berserta hewan langka seperti jaguar dan ocelot. Dari beberapa jenis vegetasi yang ditemukan di seluruh Meksiko, tujuh diantaranya tumbuh subur di hutan-hutan yang berusia 20 juta tahun ini, dengan 2.000 spesies tanaman yang diidentifikasi secara keseluruhan. Kekayaan alam ini juga merupakan gudang dari pengetahuan tradisional asli, bukan merupakan kebetulan bila pengobatan tradisional ditemukan di sini. Selama berabad-abad dukun telah berjalan jalan melalui bukit-bukit berhutan, mengumpulkan rencana mereka yang digunakan dalam banyak perawatan dan upacaranya. Dan selama 22 tahun terakhir proyek ekowisata berbasis masyarakat “Expediciones Sierra Norte” telah mengikuti jejak mereka, bekerja untuk keduanya, melestarikan pengetahuan tersebut dan berbagi dengan bertumbuhnya jumlah orang yang mengunjungi daerah ini.


P
erusahaan ini telah membuat lebih dari 100km rute berjalan dan bersepeda gunung melalui hutan, semua mengikuti jejak kuno dan perjalanan yang menghubungkan masyarakat di masa lalu. Segala sesuatu tentang skema telah dirancang untuk memastikan keduanya memberikan pengalaman yang seotentik mungkin, dan juga paling membawa manfaat bagi masyarakat. Jadi, misalnya, ketika tiba waktunya untuk merancang penafsiran manual untuk rute mereka, mereka berpaling kepada para tetua dan pemimpin masing-masing komunitas. Hal ini memastikan kakek-nenek memiliki kesempatan untuk berbagi cerita yang berputar di sekitar masyarakat, organisasi dan cara hidup, dan sesuatu yang mana  banyak generasi muda tidak menyadarinya. Perusahaan ini mungkin telah merancang peta rute bagi wisatawan, tetapi mereka juga menjamin kelangsungan hidup cerita mereka di antara pemuda-pemuda mereka sendiri.


Keberhasilan telah jelas terlihat. Pada tahun 1995 jumlah wisatawan yang bermalam di desa-desa itu kurang dari 20 per tahun, dan sebagian besar operator tur dan agen perjalanan tradisional tidak percaya masyarakat pedesaan bisa berhasil mengelola sebuah program wisata. Dua puluh dua (22) tahun kemudian, bagaimanapun, Sierra Norte setiap tahunnya menerima sekitar 17.000 wisatawan. Dan cukup meningkatkan penekanan terhadap lingkungan mereka, pertumbuhan pengunjung telah digunakan untuk meningkatkan kapasitas anggota masyarakat untuk melindungi dan mengelola warisan budaya secara berkelanjutan dimana pengunjung berbondong-bondong untuk melihatnya. Expediciones Sierra Norte di tahun 2016 tentunya semakin tersohor setelah terpilih sebagai pemenang Tourism for Tomorrow Awards 2016 yang diadakan dalam Global Summit di Dallas, USA, oleh WTTC.

Baca lebih lanjut di http://sierranorte.org.mx/en/index.html