TANIPA, Produk Autentik Pulau Flores

Posted on

Women of Flores

Pada Kamis, 26 Mei 2016, Yayasan Ekowisata Indonesia (Indecon) bekerja sama dengan Uni Eropa meluncurkan program CREATED (Creative Enterpreneurship for Accelerating Tourism and Local Economic Development in 2016-2019). Selama dua tahun proyek CREATED berjalan, telah banyak bermunculan produk-produk unik, autentik, dan orisinil dari Flores yang merupakan hasil kreativitas tangan masyarakat Flores. Mama dengan Keripik PisangProyek CREATED ini difokuskan pada tiga kawasan di Flores; Kawasan Inerie, Kabupaten Ngada; Kawasan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat; Kawasan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Proyek CREATED memberikan pelatihan dan penyediaan alat kepada masyarakat di tiga kawasan tersebut untuk membuat produk-produk yang diharapkan mampu meningkatkan kondisi perekonomian mereka.

Semua produk dipasarkan menggunakan branding “TANIPA”, TANIPA merupakan singkatan dari Tanah Nipa, sebutan untuk Pulau Flores yang berarti Tanah Ular. Penggunaan branding TANIPA menunjukkan bahwa produk TANIPA adalah produk autentik hasil masyarakat Flores.

Mayoritas produk yang dibuat adalah kerajinan tenun seperti sarung, syal, gelang, kalung , dan gantungan kunci, lalu terdapat kerajinan bambu, kerajinan tangan di atas dibuat berdasarkan nilai kearifan lokal dan teknik tradisional. Proyek CREATED bekerja sama dengan masyarakat lokal merevitalisasi kerajinan tradisional untuk meningkatkan nilai jual kerajinan di atas dengan memberikan pelatihan dan penyediaan alat.Kerajinan tenun

Kedua adalah produk agrikultur khas Flores yaitu pisang, kacang mete, dan kopi, dengan mengolah dan mengemas produk tersebut, warga desa memperoleh keuntungan lebih besar. pisang dan kacang mete yang sebelumnya langsung dijual tanpa diolah terlebih dahulu, kini berhasil disulap menjadi keripik pisang dan kacang goreng renyah dan nikmat  yang dikemas secara menarik. Kopi Waerebo yang memang sudah terkenal, ditingkatkan lagi nilai jual dan daya tariknya dengan dikemas dalam kemasan yang menarik.

Produk Jajanan Tanipa

lewat proyek CREATED, masyarakat lokal di tiga kawasan di atas memperoleh pengetahuan usaha yang tak ternilai dan diharapkan setelah proyek ini selesai, masyarakat tetap dapat melanjutkan usaha mereka secara mandiri.