Perayaan Penti di Waerebo

Posted on

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

     Penti adalah salah satu upacara adat Manggarai untuk mengungkapkan rasa syukur. Selain itu juga menjadi acara Tahun Baru. Bulan Beko atau November adalah awal bulan dalam siklus perhitungan masyarakat Waerebo. Bulan ini disebut juga bulan awal bertanam. Karena masyarakat Waerebo mayoritas adalah petani, maka bulan awal tanam dijadikan pertanda awal yang baru.

    Upacara ditutup dengan Sanda yang berlangsung dari malam hingga pagi. Sanda sendiri adalah nyanyian tanpa musik yang dinyanyikan tanpa henti. Sebagai petanda Tahun Baru, Penti juga menjadi saat berkumpul masyarakat Waerebo yang tinggal di luar kampung. Saat seperti ini, kampung Waerebo sungguh ramai, penuh dengan suka cita dan canda tawa.

     Perayaan Penti pada tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 15-16 November di Waerebo. Terdapat lebih kurang 97 wisatawan yang ikut hadir dalam perayaan Penti, terhitung sejak tanggal 15-16 November. Indecon dalam program CREATED ikut serta dalam membantu Perayaan Penti pada tahun 2016 dimana Indecon berperan dalam membantu segala kegiatan yang di laksanakan dalam Perayaan Penti diantaranya membantu melakukan registrasi tamu dari Pos Rumah Kasih Ibu,  kordinasi dalam melayani dan menghantarkan tamu, membantu mempersiapkan homestay, membantu penjualan souvenir (kain, buku, madu, kerajinan, kaos), mengecek keadaan wc/ kebersihan, ketersediaan air dan perlengkapan kamar mandi, membantu mempersiapkan makanan, Mendokumentasikan acara Penti, dan mewawancarai tamu, Membantu mentertibkan pengunjung selama ritual adat berlangsung.